PHYSICS LESSON PLAN (RPP FISIKA)

August 15, 2009 at 3:25 pm (Kuliah)

Lesson Plan of Vector addition.pdf

Lesson Plan of Potential Energy.pdf

RPP Basicmeter.pdf

RPP Usaha.pdf

Permalink Leave a Comment

PL UNP 2009 On-Line

July 9, 2009 at 8:54 am (Kuliah) (, )

Praktek Lapangan (PL) UNP semester ganjil periode 2009 akan segera dimulai, bagi teman-teman mahasiswa yang akan melaksanakan PL mungkin bisa bersegera untuk mendaftarkan dirinya. Karena pada tahun ini merupakan penerapan pertama untuk pendaftaran secara on-line. Jadi sekarang kita tidak bisa lagi minta ke UPPL untuk ditempatkan di sekolah yang kita inginkan. Dengan sistem baru ini UPPL telah menetapkan sekolah yang akan dipilih oleh mahasiswa UNP, sekolah tersebut berada di kota Padang dan juga beberapa kota lain di Sumatera Barat antara lain Padang Panjang, Pariaman, Solok, Sawahlunto, Pesisir Selatan. Selanjutnya dengan sistem on-line mahasiswa UNP memilih kode seksi dalam portal akademik UNP. Yang ada di dalam portal akademik hanya kode seksi, seperti gambar di bawah ini:

Picture1Nah bagi teman-teman yang masih bingung dengan kode seksi itu datang ke UPPL lihat tuh daftar sekolahnya disana. Jatahnya juga terbatas, tiap mata pelajaran cuma menyediakan 2 orang tiap sekolahnya. Jadi cepat-cepat aja daftarnya supaya tidak kehabisan “tiket”.

Ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar PL, antara lain:

1. Telah membayar SPP semester Juli-Desember 2009 (untuk pembayaran udah tau khan, gak cuman di Bank Nagari UNP, juga bisa dibayar di bank Nagari manapun…kalo Bank Nagari ada di Planet Mars juga bisa kali tuh…he3. Juga bisa lewat atm Bank Nagari tuh dimana saja dan kapan saja, kecuali kalo ATMnya rusak)

2. Pendaftaran dimulai tanggal 7-16 Juli 2009 secara On-line

3. Minimal telah tertabung 110 SKS dan telah lulus MK Microteaching dengan nilai minimal B.

4. Coaching dlaksanakan tanggal 22-25 Juli 2009 (tempatnya belum dikasih tau tuh? Biasanya sih di Rektorat atau di Lokal GL)

5. Pelaksanaan PL dimulai tanggal 27 Juli sampai 19 Desember 2009

Udah memenuhi syarat belum? Kalo udah, segera deh daftar supaya tidak repot nanti.silahkan klik link ini https://portal.unp.ac.id/

Bagi teman-teman saya di Jurusan Fisika Prodi Pendidikan Fisika bagi yang belum sempat untuk datang ke UPPL untuk melihat daftar sekolah saya udah catatkan ne daftarnya.

No. Seksi    Sekolah

143 99022 SMP N 14 Padang Cupak Tangah Pauh

144 99024 SMP N 17 Padang Banuaran

145 99030 SMP N 26 Padang Lubuk Buaya

146 99031 SMP N 27 Padang Sei. Sapih

147 99032 SMP N 30 Padang Simpang Haru

148 99045 SMA N 2 Padang Purus

149 99046 SMA N 3 Padang Gunung Pangilun

150 99047 SMA N 4 Padang Lubuk Begalung

151 99049 SMA N 6 Padang Air Manis

152 99050 SMA N 7 Padang Lubuk Buaya

153 99051 SMA N 9 Padang Pasar Baru

154 99052 SMA N 13 Padang Lubuk Minturun

155 99053 SMA N 14 Padang Indarung

156 99055 SMA Pertiwi 1 Padang Air Tawar

157 99061 SMK N 9 Padang Pasar Raya

158 99065 SMK PGRI Padang

159 99067 SMP N 2 Pariaman

160 99069 SMP N 4 Pariaman

161 99089 SMA N 2 Padang Panjang

162 99090 SMA N 3 Padang Panjang

163 99091 MAN Koto Baru Padang Panjang

164 99092 MTsN Padang Panjang

165 99100 SMP N 1 Solok

166 99101 SMP N 2 Solok

167 99102 SMP N 4 Solok

168 99103 SMA N 3 Solok

169 99104 SMA N 1 Solok

170 99111 SMP N 1 Painan

171 99112 SMP N 2 Painan

172 99113 SMA N 1 Painan

173 99114 SMA N 2 Painan

Menurut saya pribadi, sistem seperti ini ada untung dan ruginya juga. Untungnya kita bisa dengan mudah mengakses tempat PL yang diinginkan gak perlu datang jauh-jauh dan repot-repot untuk mengurusnya lagi. Trus kita dikasih pilihan tempat PL, jadi kita bisa memilih tempat yang diinginkan. Kerugiannya yang pertama, tempat yang disediakan oleh UPPL tidak mengakomodasi semua keinginan mahasiswa yang ingin PL, dari cerita dengan teman-teman saya ada yang dari Payakumbuh dia pengen sekali PL disana tapi satupun sekolah tidak ada yang meminta guru Fisika. Di kota lain seperti Pesisir yang tidak ada mahasiswa yang berminat malah dikeluarkan 4 sekolah, lihat kolom di atas. Trus yang kedua yang agak riskan bagi kelanjutan PL ini adalah, kemungkinan ketidaksesuaian antara sekolah tempat PL dengan kualitas mahasiswa yang akan PL disana. Kita juga harus memikirkan dampaknya untuk beberapa tahun ke depan. Saya melihat dari pengalaman PL, sudah banyak sekolah yang tidak mau menerima mahasiswa karena kualitas mereka yang kurang bahkan sangat kurang. Saya membayangkan untuk beberapa tahun berikutnya, jika ini tidak disadari kemungkinan akan banyak sekolah yang tidak akan menerima mahasiswa PL lagi. Dan pertanyaannya sekarang apakah UPPL dan UNP secara keseluruhan sudah siap??????

Dan akhirnya saya menghimbau kepada rekan-rekan mahasiswa UNP yang akan melaksanakan Pl semester depan untuk dapat melaksanakan PL dengan kesungguhan hati dengan niat tulus dan ikhlas. Agar hasil yang kita dapatkan juga maksimal, tidak hnaya untuk kita pribadi tapi juga untuk almamater tercinta Universitas Negeri Padang (UNP). Milikilah keyakinan bahwasanya kita termasuk salah satu yang terbaik, maka kitalah yang harus membuat UNP semakin unggul dan terbaik. Jangan hanya menganggap bahwa PL hanya bagian dari kuliah S1 ini. Selamat berjuang kepada rekan-rekan mahasiswa…

Permalink Leave a Comment